Selasa, 20 Desember 2011

Gerakan Makan Lama

Hafizh, pangeran kecilku, kini memasuki usia 13 bln. seperti batita2 lain seusianya, anak saya juga melakukan GML (Gerakan Makan Lama) alias mengemut pada saat makan.

Yup, hafizh susah-susah gampang makannya. Gampangnya, setiap makanan yang disodorkan ke mulutnya pasti di makan, susahnya, itu makanan tertahan di dalam rongga mulutnya, detik2 pertama makanan itu masuk memang dikunyahnya, sekali.. dua kali.. tiga kali.. selanjutnya, itu makanan mendekam didalamnya. Untuk melanjutkan makanan itu ke sistem pencernaan lain, yaitu tenggorokan (a.k.a menelan) membutuhkan waktu yang sangat lama. rata-rata, sekali suap bisa sampai 15 menit. Bisa dibayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk satu kali makan.

Pertama kali gerakan itu dimulai saya menganalisis, mungkin dia bosan dengan makanannya. berkreasilah saya membuat menu-menu makanannya, sampai-sampai saya membeli buku resep masakan bayi dan balita punya pak wied harry (promosi.com :D) namun tak jua memperbaiki prilakunya. lalu saya coba menganalisis lagi, mungkin dia bosan dengan suasana ketika makan, memang selama ini, saya sengaja tidak mau mengajak dia jalan2 hanya untuk makan, takut kebiasaan dan karena saya malas juga untuk keluar. mulailah saya ajak dia keluar rumah, batasnya hanya sampai 3 rumah kesamping saja. eh, hasilnya tetap saja. diemut. ternyata saya bukan analis yang bagus ya.. :(

Saya mencoba mencari solusi di om google, saya terapkan, dan tetap gagal. Benar-benar kehabisan akal. Alhamdulillahnya, berat badan hafizh tetap naik, dari bulan lalu naik sekitar 300 gr. is it normal or less??

Yah, mudah2an fase ini hanya sementara saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar